Sabtu, 19 Oktober 2013

Motor 1 phase shaded pole



Motor shaded pole atau motor kutub bayangan adalah adalah sebuah motor induksi satu fasa yang diperlengkapi dengan belitan bantu yang dihubungkan secara parallel dengan belitan utama. Kumparan stator hanya terdiri dari kumparan utama. Untuk membentuk medan putar dipasang shaded coil yang merupakan suatu belitan bantu yang bisa di anggap sebagai kumparan bantu. Pada dasarnya motor ini adalah motor sangkar bajing yang kumparan bantunya diberi cincin tembaga yang melingkar di setiap kutubnya. Kumparan bantu ini disebut juga dengan kumparan bayangan. Arus terinduksi kedalam kumparan dengan menunda fase medan magnet dari fluks magnetik pada kutub bayangan (shaded pole) sehingga cukup untuk membentuk medan  yang berputar untuk memutar rotor. Arah dari medan putar pada motor shaded pole adalah dari kutub utama ke kutub bayangannya. Karena perbedaan sudut fase antara kutub utama dengan kutub bayangannya sangat kecil, menyebabkan motor ini hanya menghasilkan torsi yang kecil.

cara kerja motor ini adalah:
  • ketika motor di beri tegangan maka pada belitan utama saat 0-90 derajat akan timbul gaya magnet pada bagian besar dari unshaded pole. pada saat ini di bagian shaded pole atau kumparan bantu  masih di induksikan tegangan bolak balik dari kumparan utama. Dengan adanya tegangan induksi ini maka pada shaded coil akan mengalir arus dan menimbulkan fluks lawan dari kumparan utama.
  • Dengan demikian terjadi beda fasa antara fluks kumparan utama dengan fluks shaded coil (kumparan bayangan). ketika 90-180 derajat medan magnet pada belitan utama akan melemah dan selanjutnya pada bagian shaded pole yang tadinya terinduksi tegangan dari kumparan utama dan timbul fluks maka garis gaya magnet akan terpusat pada bagian kumparan bantu atau shaded pole.
  • ketika 180-360 derajat medan utama mengalami perubahan yang sama dengan saat 0-180 derajat, akan tetapi hanya arah medan magnetnya yang berubah, akan tetapi ini tidak akan merubah kinerja dari shaded pole

0 komentar:

Posting Komentar